07 November 2013

Penyebab Internet Loading Lambat dan Kuota Cepat Habis

Jocker ID - Internet lambat adalah hal yang menjengkelkan setelah mengalami Crash Browser. Untuk mengetahui penyebab browser crash, silakan baca Penyebab Crash Firefox dan Solusinya. Masalah tentang loading lambat atau lemot pada koneksi internet anda, bisa jadi diakibatkan oleh penyebab dari Borwser Crash atau fakta yang seperti di bawah ini.
Speed Test
Image: Teledynamic.com

Beberapa peninjauan sekaligus atas pengalaman yang saya alami, berikut beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan koneksi internet anda menjadi lambat. (sebagai catatan, ini bekerja ketika koneksi internet lancar/normal).

1. New Tab. Tak sedikit orang yang menyepelekan masalah ini, begitu asyiknya membuka halaman situs dengan melakukan klik kanan - new tab hingga sampai 5 atau lebih jendela, ya saya akui itu menyenangkan untuk dilakukan. Tapi apa dampak dari kelakukan konyol yang satu ini? Jaringan internet anda akan terbagi menjadi beberapa saluran dan tingkat permintaan data yang berbeda sesuai tab yang anda buka, sehingga koneksi yang anda gunakan tidak efisien dan hanya membuang-buang kuota internet dan waktu saja. Saya menyaran agar tidak membuka new tab lebih dari 4 jendela, saya rasa itu sangat logis mengingat koneksi internet Indonesia yang cukup buruk.

2. Download. Poin yang kedua ini saya rasa adalah yang paling konyol, mengapa? Melakukan download file atau game yang berukuran besar namun anda tetap melakukan browsing di perangkat surfing anda. Kembali ke poin satu, pembagian speed data tetap berlaku untuk masalah ini. Jika anda lakukan hal seperti ini, maka browsing yang anda lakukan takkan menentu dan download-an anda tak kunjung selesai. Download boleh dilakukan sembari browsing bila file yang anda download tidak terlalu besar atau tidak lebih dari 30MB. Kembali ke kodrat Indonesia, koneksi internet di Indonesia tak begitu bagus.

3. Youtube. Sepertinya ini tak kalah konyol juga, menonton video youtube secara bersamaan. Contohnya seperti ini, tab pertama sengaja dibuka untuk memutar video satu, namun video tersebut tak langsung di-play (putar) tetapi sengaja di-pause (tahan) kembali agar bufferingnya penuh, anda lalu melakukan hal yang sama pada tab yang lain, sehingga ketika anda memutar video satu maka video dapat diputar dengan lancar sampai selesai tanpa ada gangguan. Memang cara tersebut bermanfaat daripada kita harus tersendat-sendat dalam menonton video, yang membuat banyak orang melakukan hal yang sama pada tab-tab berikutnya di browser. Selain koneksi internet anda berkurang, pastinya menonton video itu bukan kuota yang murah.

4. Windows Update. Satu ini bukanlah hal yang konyol, akan tetapi hanya ketidaktahuan saja. Tak banyak orang yang mengetahui akibat bila Windows Update di komputer atau laptop anda dalam status aktif. Windows update bekerja tanpa pemberitahuan sebelumnya, sehingga tak jarang bila anda akan kaget ketika mendapati bahwa kuota yang baru saja anda beli sudah habis. Perlu diketahui bersama, windows meng-update fiturnya lebih dari seperti kita mengunduh film atau game. Jadi silakan nonaktifkan Windows Update-nya sekarang juga bila anda sayang kuota internet anda.

5. MsConfig. Pada Windows terdapat fitur MsConfig yang mana bisa kita gunakan baik itu untuk menyetel perangkat canggih (komputer) anda atau bisa juga untuk menonaktifkan aplikasi yang secara otomatis memperbarui fiturnya seperti adobe flash dan java. Silakan maksimalkan sesuai kebutuhan anda, apa yang perlu anda hentikan dan apa yang perlu tetap berjalan. Silakan cari menu MSCONFIG di start menu atau di Run (Bendera + R).

Mungkin itu saja yang perlu anda perhatikan, bila ada yang kurang jelas silakan tanyakan saja. Bila anda memiliki masukan mungkin artikelnya kurang lengkap silakan tuliskan saja. Semoga artikel tips tentang Penyebab Internet Loading Lambat dan Kuota Cepat Habis dapat bermanfaat bagi kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Internet Loading Lambat dan Kuota Cepat Habis