02 November 2013

Cara Cek Plugin Mozilla Firefox yang Kadaluarsa

Jocker ID - Sebagai pengguna internet dan kebetulan saya memakai browser Mozilla Firefox, tentunya saya harus tahu cara pemakaian dan perawatannya. Dalam hal pemakaian ini tentunya tak perlu dijelaskan lagi, karena hampir setengahnya pengguna internet di dunia menggunakan browser yang satu ini dan tentunya paham cara menggunakannya. Namun mari kita lihat berdasarkan fakta, tak semua pengguna bisa melakukan perawatan seperti halnya kendaraan bermotor yang memerlukan mekanik khusus untuk melakukan servis. Tapi tak perlu khawatir untuk masalah browser internet ini, anda tak perlu menyewa seorang teknisi untuk merawat perangkat anda sendiri, yang perlu anda lakukan adalah merawat sendiri browser anda dan sebagai rujukannya dari artikel ini. 

Banyak cara untuk merawat sebuah browser, terutama browser yang saya gunakan ini "Mozilla Firefox". Untuk saat ini saya hanya akan mejelaskan cara perawatan Firefox dengan mengecek plugin yang tertanam. Tapi mungkin saja saya akan membahas hal lainnya namun masih berhubungan dengan perawatan Firefox, jadi selalu stay on Jocker ID

Untuk memulai pembahasan pertama tentang perawatan mozilla firefox diawali dengan mengecek plugin yang ada, yang telah tertanam di browser, anda bisa melakukan pengecekan dengan masuk menu Add-ons yang ada di Firefox browser namun itu cukup sulit untuk anda mengerti. Jadi saya memberi langkah simpel yaitu anda hanya perlu klik link
untuk memulai pengecekan. Setelah anda mengklik link tersebut, secara otomatis Mozilla akan melakukan deteksi dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.
Cek Plugin Mozilla Firefox
Image: Potret Browser
Saya ucapkan selamat bila halaman yang tampil setelah anda mengklik link di atas (spot kuning) hasilnya sama seperti gambar di atas, tapi berita buruk jika apa yang saya lingkari dengan garis merah pada gambar di atas (tepatnya yang berwarna hijau) itu berawarna merah, itu menandakan bahwa plugin anda kadaluarsa dan memerlukan update demi keamanan browser anda dari hal-hal yang tak diinginkan. Perlu diketahui bersama bahwa saya telah menggunakan Firefox 25 dan tentunya setelah penginstallan browser tersebut maka akan dilakukan deteksi terhadap plugin yang telah tertanam pada browser lama, tak bisa dipungkiri bahwa mungkin sebagian plugin di browser anda tidak komptibel dengan versi baru Mozilla, maka dari itu pengecekan plugin secara kontinyu itu sangatlah penting.

Agar plugin anda kompatibel dengan browser versi baru, update secara teratur plugin anda dengan cara update manual dengan mengunjungi penyedia plugin tersebut (misal: java pergi ke http://java.com/en/download/installed.jsp?detect=jre) atau anda bisa melakukan checking seperti metode di atas, bila menemukan warna merah pada hasil pengecekan, klik saja tombol merah tersebut maka anda akan dibawa ke halaman di mana anda bisa melakukan update plugin tersebut.

Itulah apa yang bisa saya berikan tentang uraian perawatan Mozilla Firefox kali ini, perawatan yang dilakukan dengan mengecek plugin yang kadaluarsa adalah hal penting bagi anda. Nantikan hari esok, semoga saya bisa bercerita hal lainnya tentang perawatan Mozilla Firefox.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Cek Plugin Mozilla Firefox yang Kadaluarsa