05 November 2013

Cara Reset Mozilla Firefox dan Keuntungannya

Jocker ID - Masih dengan tema Mozilla Firefox, salah satu browser tercepat dan banyak digunakan oleh para pengguna internet. Pada kesempatan kali ini saya akan menyambung pembahasan yang tertunda tentang perawatan Firefox pada halaman Cara Cek Plugin Mozilla. Saya ingatkan lagi bahwa banyak cara untuk merawat sebuah browser, untuk saat ini saya akan mengupas kembali cara yang lainnya selain melakukan update berkala suatu plugin

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan perawatan Mozilla Firefox adalah dengan mereset atau mengembalikan browser tersebut ke keadaan default. Ada beberapa keuntungan dalam melakukan reseting ini. Diantaranya adalah:

1. Kembali ke pengaturan awal. Banyak orang membicarakan bahwa kecepatan Mozilla dapat ditingkatkan hanya dengan mengubah konfigurasinya. Bila menurut saya, berdasarkan yang saya alami, ternyata tak terlihat efek yang signifikan terhadap browser Mozilla sehingga itu terlihat sia-sia. Melakukan reset langkah yang tepat untuk mengembalikan konfigurasi sebuah Firefox.

2. Mengatasi Adware. Apa itu adware? Adware biasanya disisipkan oleh pelaku yang tak bertanggung jawab pada sebuah software yang berlabel gratis. Saya pernah merasakan kehebatan virus yang satu ini, di mana homepage dan new tab browser selalu berubah sendiri ke suatu halaman yang tak diinginkan, padahal telah saya telah menetapkan browser dan new tab harus bagaimana. Langkah yang tepat adalah melakukan reset si perangkat browser.

3 Mengembalikan Performa Browser. Layaknya sebuah mesin, bila jarang diservis akan terasa menurun dalam hal kemampuan. Tak terkecuali dengan alat surfing seperti Mozilla, dengan melakukan reset  pada browser Mozilla Firefox berarti anda telah melakukan sebuah servis atau perawatan yang baik. Dengan melakukan langkah reset, maka performa browser anda akan lebih meningkat dari sebelumnya.

Lalu bagaimana cara melakukan reset-nya? Berikut tutorialnya.
Cara Reset Firefox
Image: Snaping One
Perhatikan gambar di atas dan penjelasannya adalah klik kiri pada menu Firefox - Help - Troubleshooting Information. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman baru untuk melakukan reset, halaman tersebut seperti gambar di bawah di mana terdapat catatan pengaturan tentang browser anda. 
Cara Reset Firefox 2
Image: Snaping Two
Apabila anda akan melakukan reset, klik tombol sebelah kanan atas seperti yang saya tandai dengan lingkaran merah. Anda akan ditawari apakah akan menyimpan data lama ke dalam folder atau akan menghapusnya secara permanen. Pilih langkah yang sekiranya berguna untuk anda.

Itulah Cara Reset Mozilla Firefox dan Keuntungannya, semoga anda bisa terbantu dengan artikel ini. Silakan dicoba dan semoga browser anda bisa menjadi lebih baik setelah melakukan reseting.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Reset Mozilla Firefox dan Keuntungannya