27 Juni 2013

Definisi OpenID dan Penggunaan Untuk Blog

Open Internet - Memang inspirasi yang cerdas itu takkan pernah disangka-sangka. Dulu saya belajar blogging tak tahu apa itu OpenID, saya tahu secara otodidak atau bisa disebut dengan ketemu mujurlah, Bagaimana pendapat dari juragan wikipedia? OpenID is an open standard that allows users to be authenticated by certain co-operating sites (known as Relying Parties or RP) using a third party service, eliminating the need for webmasters to provide their own ad hoc systems and allowing users to consolidate their digital identities.

Jadi kalau diterjemahkan seperti ini OpenID adalah standar terbuka yang memungkinkan pengguna untuk disahkan oleh situs co-operasi tertentu (dikenal sebagai Relying Parties or RP) menggunakan layanan pihak ketiga, menghilangkan kebutuhan webmaster untuk menyediakan sendiri sistem ad hoc dan memungkinkan pengguna untuk mengkonsolidasikan identitas digital mereka.

Bila mencermati ulasan di atas sudah jelas bahwa, dengan menggunakan OpenID kita bisa masuk ke sebuah otoriter suatu halaman tanpa registrasi dahulu namun dengan persetujuan Google atau akun google yang kita miliki. Bergunanya OpenID bisa dimanfaatkan untuk penggunaan akun di cooltext.com misalnya, beberapa Socialbookmark menyediakan layanan ini, dan tanpa terkecuali komentar yang ada pada blog Google pasti ada, tergantung apakah ingin diaktifkan atau tidak.

Bagaimana cara berkomentar di blog menggunakan OpenID? Anda bisa googling atau bisa juga dengan senang hati menyelesaikan bacaan ini yang memang sedikit membosankan. Lihat gambar di bawah, setelah Anda mengetik apa yang akan Anda komentarkan klik dropdown dan pilih Open ID. Isikan URL blog anda pada kolom yang disediakan. Lanjutkan dan publikasikan. Silakan mencobanya sendiri.
Open ID
Image: Bloggerafif.com

Beberapa master blog memberikan pernyataan eksklusif mengenai permasalahan yang terjadi dengan OpenID ini, beberapa beranggapan bahwa bila berkomentar menggunakan OpenID ini takkan menghasilkan backlink dari sebuah blog yang kita komentari. Namun tak sedikit pula akan blogger yang mengklaim bahwa menggunakan OpenID ini untuk berkomentar di blog dapat menghasilkan backlink gratis. Namun dengan sedikit racikan atau ramuan pada HTML template blog, katanya URL pada OpenID kita sudah tentu menghasilkan backlink yang bermanfaat. Cara seperti itu anda bisa mencarinya di Google Search, karena saya tak menyajikan trik seperti itu di sini dan saya mohon maaf.

Selain untuk menjadikan OpenID tersebut menjadi backlink, tapi ini juga berguna untuk mengantisipasi beberapa blog yang berpagerank tinggi namun pada saat menggunakan komentar OpenID, OpenID anda ditolak, tak terverifikasi, not kredesial, dan sebagainya. Dengan menggunakan trik edit HTML yang saya beri gambaran di atas, maka masalah-masalah yang demikian dapat teratasi dengan baik.

Semoga artikel ini membuahkan hasil yang positif.

Referensi: Wikipedia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Definisi OpenID dan Penggunaan Untuk Blog