16 Juli 2013

Solusi Captcha Untuk Pengguna Mobile

Jocker ID - Sungguh menarik perbincangan siang ini, ada banyak pertanyaan yang ditujukan baik kepada saya pribadi maupun yang lainnya. Untuk mengamankan situs anda memang memerlukan sebuah pengaman yang dinamakan Captcha atau reCaptcha. Merujuk posting kemarin yang menjelaskan solusi berkomentar ketika bertemu Captcha, menuai usulan-usulan yang memang sulit untuk dipecahkan oleh sendiri karena memang masih menjadi polemik. Perlu diketahui, Captcha maupun reCaptcha memiliki arti yang sama. Hanya saja dalam captcha identik dengan gambar yang beraneka ragam beserta warna. Adapun reCaptcha adalah pilihan untuk mengganti Captcha yang katanya menjadi solusi akan frustasinya penulisan terhadap Captcha. ReCaptcha memang lebih mudah dengan metode teks seperti file PDF yang memungkinkan untuk dibaca lebih baik.
Perhatikan gambar, nomor 1 adalah reCaptcha dan nomor 2 adalah Captcha, itulah perbedaannya.
ReCaptcha
Image: Captcha.net (1)
Captcha
Image: Captcha.tv (2)

Karena semakin banyak pengguna Internet yang mengakses situs melalui ponsel mereka, kebutuhan untuk mencari solusi terhadap CAPTCHA yang ada pada ponsel. Banyak forum yang mengeluhkan tentang gagalnya mencoba untuk mengakses situs Web atau berkomentar di blog melalui ponsel mereka. Karena sampai saat ini tak pernah dijelaskan tentang kompatible-nya captcha terhadap pengguna Mobile.

Tidak kompatibel dengan Pengaturan Telepon dan Software


Dalam beberapa kasus, masalahnya adalah bahwa pengaturan default telepon adalah untuk menonaktifkan JavaScript yang diperlukan untuk membaca CAPTCHA. Dalam kasus lain, browser ponsel, karena beberapa hal yang tak bisa dijelaskan oleh saya pribadi, tidak memungkinkan CAPTCHA untuk dibaca dengan benar. Solusi untuk reCAPTCHA belum ditemukan untuk saat ini. Salah satu masalah dengan reCAPTCHA terjadi khususnya pada iPhone, dengan jendela yang sempit pada handphone tidak selalu memungkinkan semua teks yang harus ditulis muncul di layar. Seperti upaya untuk mengganti CAPTCHA teks dengan solusi audio CAPTCHA-pun tidak selalu terbukti berhasil. Bahkan beberapa captcha berbasis permainan yang lebih populer telah ditemukan bermasalah oleh penggunanya yang membuat frustrasi.
Solusi untuk Mobile CAPTCHA

Untungnya, beberapa ahli reCAPTCHA, serta banyak pencipta CAPTCHA lainnya terus bekerja dan mencari solusi untuk tantangan ini. Proyek CAPTCHA Handphone dari Berkeley, mengklaim telah mengembangkan solusi yang menghilangkan frustrasi pengguna mobile dan memungkinkan orang untuk melewati teka-teki CAPTCHA dengan cepat dan mudah. NuCAPTCHA mengklaim bahwa solusi baru CAPTCHA dioptimalkan pas pada layar ponsel dan dapat digunakan tanpa Java bermasalah atau Flash. Adapun salah satu solusi yang mungkin sempurna untuk CAPTCHA ponsel adalah solusi yang dibuat oleh minteye. Ini menyenangkan dan mudah digunakan dengan metode 'Slide to Fit'. Solusi untuk kompatibel dengan semua ponsel dan tablet, dan menawarkan kenyamanan menghadapi CAPTCHA sama mudahnya seperti di web.

Dengan product Minteye ini sesuai namanya 'Slide to Fit Captcha', anda bisa mengatur seberapa nyamannya anda dalam membaca captcha dengan menggeser kek kiri atau kanan layaknya editing photo di CorelDraw atau PhotoShop. Untuk lebih jelasnya dan mencoba demonya, silakan kunjungi halaman http://www.minteye.com/products.aspx .

Referensi: Minteye

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Solusi Captcha Untuk Pengguna Mobile