09 Oktober 2013

Cara Mendapatkan Kode Script Google Analytics Baru 2013

Jocker ID - Melanjutkan pembahasan tentang script kode Google Analytics yang baru, dan sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang saya terima pada komentar di artikel tersebut. Dalam tulisan ini, yang mana sebagai pelengkap saja, dan merujuk dengan komentar salah satu teman kita. "apa yang harus dilakukan bila kita telah mendaftarkan ke Google Analytics jauh-jauh hari sebelum adanya perubahan, apakah kita perlu mendaftarkannya kembali atau bagaimana?" (pertanyaannya telah sedikit saya ubah gaya bahasanya agar lebih bisa dipahami oleh setiap pembaca, hatur nuhun Kang Karris).

Menjawab pertanyaan di atas, yang sengaja miringkan, yang perlu kita lakukan hanyalah mengambil ulang kode script dari GA (Google Analytics) [tanpa perlu mendaftarkan ulang situs kita] dan memasangnya pada tempat yang biasa anda tempatkan. Kode script ini lebih dikenal dengan Track Code, yang artinya kode yang membantu perekaman data statistik suatu blog atau situs yang meliputi pageviews, bounce rate, total visitor, dan lain sebagainya. Dengan kata lain tanpa kode GA yang terpasang pada suatu situs, situs tersebut akan sulit untuk direkam atau didata oleh Google Analytics.

Bagaimana cara mendapatkan track code GA yang baru? Berikut tutorialnya:
Google ANalytics
Image: Capture GA 1
Saya pastikan anda telah mendaftarkan blog atau situs anda ke google analytics sebelum memulai tutorial ini. Seperti pada gambar di atas, klik menu Admin sebelah kanan atas seperti yang saya lingkari dengan warna biru.
Google Analytics 2
Image: Capture GA 2
Setelah anda mengklik menu Admin, maka browser akan menampilkan tiga tab menu dan pilih tab menu yang tengah atau Property (lihat gambar GA 2). Seperti pada gambar kedua klik Tracking Info dan anda akan menemukan sub menu-nya, dan pilih submenu Tracking Code seperti gambar ketiga untuk mengambil kode secript-nya.
Google Analytics 3
Image: Capture GA 3

Pada gambar keempat yang berada di bawah ini, kode yang telah saya tandai dengan anak panah merah adalah Tracking ID, setiap situs yang didaftarkan berbeda-beda. Penempatan kode tersebut pada blogger dapat melalui Setelan - Lainnya - ID Properti Web Analytics - Masukan Tracking ID pada kolom yang disediakan. Untuk kode yang saya lingkari dengan warna merah adalah script code khusus yang dipasang untuk setiap post atau artikel, pemasangannya melalui Setelan - Pos dan Komentar - Templat Entri - Simpan kode scriptnya di sana.
Google Analytics 4
Image: Capture GA 4
Dengan cara di atas, tracking code google analytics anda telah up to date. Semoga dengan penggantian script code di atas dapat memberikan keakuratan Google dalam merekam semua statistik situs kita. Bila anda ingin membandingkan kode yang baru dan kode lama Google Analytics, silakan membaca artikel yang berjudul Kode Google Analytics Baru Berubah 2013.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mendapatkan Kode Script Google Analytics Baru 2013