08 Oktober 2013

Kode Google Analytics Baru Berubah 2013

Jocker ID - Pembagian waktu yang sangat ketat dan beberapa hal yang tak mungkin bisa dilewatkan membuat saya pusing kepala dan sangat menyayangkan akan terbengkalainya blog saya selama 3 hari terakhir. Efek yang jelas terlihat pada pageviews blog yang menurun drastis dan saya memohon maaf bila komentar-komentar dari para sahabat blogger maupun pembaca sampai tak terbalaskan. Namun dengan tekad kuat dan izin Allah saya bisa kembali menulis dan berbagi lagi dengan para kreator dan inovator baik itu blogger se-Indonesia maupun dunia.
Google Analitycs
Image: Sroze.io

Untuk mengawali kembalinya aktivitas blogging, saya sajikan artikel yang mungkin bisa bermanfaat untuk kita semua. Kode Google Analytics baru-baru ini telah berubah, dalam artian script yang biasa kita pakai pada setiap postingan yang berguna agar Google Analytics bisa mencatat data statistik post kita lebih akurat yang meliputi pageviews, query, bounce rate, dll. Bila anda masih kebingungan dalam tulisan yang saya miringkan di atas, saya akan sedikit menguraikan apa yang saya ketahui tentang Google Analytics. Seperti disebutkan sebelumnya, Google Analytics adalah alat gratis yang disediakan oleh Google untuk kita semua baik blogger maupun websiter untuk mengetahui data statistik situs meliputi pageviews, query, bounce rate, dan lain-lain. Untuk memuluskan jalan Google Analytics agar situs kita bisa direkam olehnya, maka Google Analytics akan memberikan sebuah kode GA-nya (bukan Google Adsense) seperti UA-44614381-1, setiap akun GA yang dimiliki pasti berbeda-beda kode. Selain memberikan kode seperti di atas,  GA (Google Analytics) juga memberikan script yang bisa dipasang pada setiap postingan artikel, yang berguna untuk menambah keakuratan pelacakan atau perekaman data.

Kode yang ingin saya beri tahu adalah seperti di bawah ini:
Kode script GA yang lama
 <script type="text/javascript">
  var _gaq = _gaq || [];
  _gaq.push(['_setAccount', 'UA-kode GA di sini']);
  _gaq.push(['_trackPageview']);
  (function() {
    var ga = document.createElement('script'); ga.type = 'text/javascript'; ga.async = true;
    ga.src = ('https:' == document.location.protocol ? 'https://ssl' : 'http://www') + '.google-analytics.com/ga.js';
    var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s);
  })();

</script>
Kode script GA yang baru
  <script>
  (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){
  (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o),
  m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m)
  })(window,document,'script','//www.google-analytics.com/analytics.js','ga');

  ga('create', 'kode GA di sini', 'jocker-id.blogspot');
  ga('send', 'pageview');

</script>
Bila kita perhatikan memang kode yang baru ini lebih simpel dan mungkin sudah Valid HTML5. Untuk mendapatkan kode tersebut, silakan baca arikel Cara mendapatkan Kode Script Google Analytics Baru 2013. Saya sarankan agar anda mendaftarkan blog atau situs anda segera ke Google Analytics bila belum pernah mendaftarkannya. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kode Google Analytics Baru Berubah 2013