19 Desember 2013

17 Tipe Link Spam (bagian 2)

Jocker ID - Sebagai janji saya, akan ada bagian dua dalam pembahasan link spam ini. Dan seperti biasa, saya tak punya banyak waktu untuk berceriita karena dikejar waktu. Sebelumnya saya ikut prihatin dan sedih ketika mendengar dan mengetahui bahwa blognya Mba Eka dihapus Google (cara-ririn.blogspot). Begitu juga saya ikut kecewa karena belum sempat menyambangi blog teman-teman akhir-akhir ini.

Spam
Image: Picasa web
Untuk mempersingkat waktu, berikut 10 poin yang tertinggal di sesi sebelumnya. Untuk membaca artikel 17 Tipe Link Spam bagian pertama, klik di sini.

10. Low-Quality 
Bagi anda yang merasa blognya Dofollow, sebaiknya berpikir ulang sebelum meneruskan perjuangan anda. Dengan merubah blog menjadi dofollow, mengindikasikan bahwa blog anda siap menghadapi serangan spammer. Dan bilamana blog anda sudah terlalu banyak spammer, saya pastikan riwayatnya takkan lama.

9. Linkbait and Switch
Tidak jauh berbeda dengan pengalihan, hanya saja ini lebih cenderung pada praktek bisnis atau financial. Biasanya ini terjadi bagi anda yang suka dengan shorten url di Ad.fly atau Adfoc, dsb. Berhati-hatilah.

10. Directories
Hampir mirip dengan membeli sebuah backlink dari pihak ke tiga. Membeli slot agar bisa terdaftar di direktori pun termasuk perbuatan yang salah. Tak sedikit direktori ber-PR tinggi menyediakan listing space premium bagi mereka yang bisa membayar.

11. Link Farms and Networks
Saya rasa Google dan mesin pencari lainnya sudah mulai cerdas dalam masalah menilai suatu blog. Link farm mungkin bekerja satu dua hari, tapi jangan harap akan hadir untuk hari selanjutnya di SERP atau di daftar blog Google.

12. Social Bookmarking & Sharing Sites
Sebarapa banyak link yang ada di situs Social Bookmark? Pasti anda tidak tahu karena begitu banyaknya webmaster menanamkan link-nya di sana. Sebagian besar situs Social Bookmark tidak membawa nilai lebih. Mengapa? Karena untuk menjelajahi isi dari halaman situs tersebut, mesin pencari perlu waktu yang lebih dari pada menjelajahi situs seperti blogspot. Dan perlu diketahui juga, berapa banyak link spam yang masuk ke direktori Social Bookmark? Banyak dan itu dibenci oleh Google.

13. Forum Spam
Tidak masalah bila link yang keluar dari forum adalah rel nofollow, tapi bermasalah jika link tersebut adalah dofollow. Masalah tak jauh berbeda dengan Social Bookmark, terlalu banyak link spam yang tertanam pada forum sehingga membuat mesin pencari malas untuk bekerja.

14. Unintended Followed Link Spam
Ini lebih kepada bagaimana anda menggunakan suatu alat atau software yang bisa menggenerasi iklan atau semacamnya, hanya semata-mata untuk mendapatkan trafik yang singkat. Ini tidak baik, karena lambat laun situs anda akan dihapus oleh Google.

15. Profile Spam
Topik ini telah dibahas di blognya KompiAjaib.com, di mana komentator yang menggunakan non Google Profil akan dianggap spam. Karena biasanya profil yang mereka gunakan adalah palsu alias hanya mencari backlink semata, dan tak jarang menggunakan nama sebuah produk ataupun usahanya, baik itu dalam OpenID maupun Name/URL.

16. Comment Spam
Tak perlu dijelaskan lagi, komentar seperti apa yang masuk dalam kategori spam. Komentar yang tak sesuai dengan topik yang dibahas, komentar pendek tak bernilai, komentar promosi, komentar meminta kunjungan balik, komentar mencantumkan link hidup, dan masih banyak lagi.

17. Domain Purchase and Redirect/Canonical
Mungkin ini bekerja pada anda yang memiliki kantong yang lebih tebal. Bagaimana cara kerjanya? Anda akan membeli banyak domain yang nantinya akan dialihkan ke situs yang sama. Ini permainan .htacess dan redirect.

Begitulah 17 Tipe Link Spam Wajib Dihindari, yang saya bagi menjadi dua bagian agar setiap halaman tidak terlalu panjang.

Baca: Bagian 1 | Referensi: Moz

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 17 Tipe Link Spam (bagian 2)