17 Desember 2013

17 Tipe Link Spam Wajib DIhindari (Bagian 1)

Jocker ID - Sebisa-bisanya saya menyempatkan waktu untuk menulis dan membalas komentar, walau waktu saya sangat terbatas yaitu mulai jam 5 sampai jam 9 pagi, setelah jam tersebut koneksi saya hilang ditelan masa. Baiklah, sebagai pemantap tentang webspam yang meresahkan para blogger yang telah saya tulis di sini. Saya akan melengkapinya dengan tulisan 17 Tipe Link Spam yang Patut Untuk Dihindari.

Spam
Image: Picasa
Seperti pembuka kalimat di atas, waktu saya tak banyak sehingga saya tak bisa berlama-lama dalam hal bercerita. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang link yang bisa anda pertimbangkan dalam membangun sebuah web maupun blog. Silakan disimak.

1. Cleansing Domains
Permainan Redirect 301 memang menyenangkan terutama anda pengguna self hosting. Anda bisa dengan mudah mengalihkan beberapa domain/web dengan file .htacess ke situs yang ingin diutamakan. Bisa saja ini disebut link building, link pembangun yang bisa menguntung sahabat. Tapi ingat, Google Penguin sedang menanti anda dalam kelengahan. Tapi jika anda memang harus melakukannya, saya sarankan untuk melakukan redirect 301 ke halaman utama saja bukan ke situs luar yang sering mereka-mereka lakukan

2. Blog Networks & Poorly Executed Guest Blogs.
Masalah ini terjadi jika anda melakukan hal curang seperti melakukan pembelian trafik ke pihak ke tiga, pembelian link berkualitas (backlink). Google lebih menyukai blog atau situs dengan kualitas konten, maka diharapkan supaya blog yang kita kelola mendapatkan trafik organik (from Google Search).

3. Article Marketing Spam
Hati-hati bagi anda yang sering mengikuti Kontes SEO dengan mencantum link dofollow dalam artikelnya maupun dalam widget bergambar. Ini sangat tidak baik bagi visitor maupun bot crawler.

4. Single-Post Blogs
Ini bukan masalah yang sulit bagi Google untuk menyingkirkan blog seperti ini. Biasanya ini adalah semacam blog dummy yang hanya bertugas untuk menyumbang backlink ke situs utama.

5. (Paid) Site-Wide Links
Sepertinya Google sudah marah dengan keberadaan credit link di setiap template gratis yang dipakai oleh webmaster. Jika sahabat terutama pengguna Wordpress sebaiknya berhati-hati dengan Google Penguin, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam menanamkan credit link di bawah footer blog.

6. Paid Links in Content
Jangan pernah mencoba untuk membeli dan dibeli dalam masalah backlink, itu saja.

7. Link Exchanges, Wheels, etc.
Bertukar link membutuhkan kepercayaan yang lebih banyak dalam sekelompok orang daripada apa yang bisa dikerahkan. Dalam roda link, anda hanya seperti "link terlemah." Pendapat saya adalah bahwa jika anda cukup pintar untuk terhindar dari tangkapan Google, anda mungkin cukup pintar untuk membangun atau menulis sesuatu yang luar biasa yang akan memiliki hasil yang lebih unggul dan risiko yang lebih rendah daripada roda link (link exchange).

Baca: Bagian 2 dan Referensi di sini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 17 Tipe Link Spam Wajib DIhindari (Bagian 1)