03 Desember 2013

Seburuk Apakah Link Mati itu?

Jocker ID - Link mati atau bahasa kerennya dead link memang menjadi sorotan bagi para blogger tentunya mengarah kepada kebijakan Google yang semakin ketat. Namun dasar manusia, tak pernah bosan untuk berulah, selalu melakukan hal kontroversi yang sebenarnya telah ditetapkan jelas bagaimana rule-nya. Menyikapi masalah seperti ini yang saya rasa cukup kronis, saya akan memberikan gambaran tentang bagaimana Seburuk Apakah Link Mati itu?

Why having broken weblinks is so bad?

Kenapa memiliki broken link atau link mati pada web atau blog itu begitu buruk?

Hyperlink mati di sebuah website atau blog tidak hanya sebatas mengganggu. Keberadaan mereka dapat menyebabkan beberapa kerusakan nyata untuk bisnis online anda  (bila anda menggeluti sebuah bisnis online) juga mempengaruhi reputasi anda di Internet.

Bad Link
Image: Capture


Karena itu, sebuah situs web/blog bisa saja mendapatkan hal-hal yang tak diinginkan seperti di bawah ini:
- Kehilangan sebagian dari basis pelanggan yang sudah ada (pengguna saat ini cepat atau lambat akan mengalami cukup frustrasi dan takkan pernah kembali bila web kita terlihat tak terurus)
- Sulit untuk mendapatkan pelanggan/pengunjung/pembaca baru (karena orang tidak akan menemukan hal yang mereka cari bila web atau blog anda terdapat banyak link mati).
- Merusak reputasi online (sebagian besar pelanggan online menganggap hyperlink basi sebagai demonstrasi tidak berharga yang dilakukan oleh pemilik situs)
- Memiliki dampak negatif pada peringkat situs anda pada Search Engine semakin besar seperti Google, Yahoo, Bing dll
Semua masalah di atas diakibatkan hanya oleh satu masalah yaitu "Dead Link", Link Mati, Broken Link, atau bebas anda memanggilnya itu apa. Yang pasti, jangan pernah mengabaikan link mati di situs sendiri, masalah kecil bisa saja menjadi besar tanpa kita sadari.

Referensi: BrokenLinkCheck.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Seburuk Apakah Link Mati itu?