20 Maret 2014

Tips Tambahan Untuk Mengatasi Hang Ketika Bermain Internet

TRIKJOKER.NET - Seperti pada judul di atas, halaman ini hanya akan menjelaskan tentang Tips Tambahan Untuk Mengatasi Hang Ketika Bermain Internet. Bila anda tertarik untuk membaca topik utama dari bahasan ini, silakan baca artikelnya di halaman Penyebab Internet Loading Lambat.

Tips tambahan ini bisa anda terapkan kapan saja jika memang anda sedang membutuhkannya (tidak wajib). Trik tambahan ini cukup bermanfaat bila anda adalah aktivis internet seperti blogger, orang eksis di sosial media, bisnisman online, dan sebagainya. Sebagai aktivis internet yang maniak, tak bisa dipungkiri bahwa kita seringkali membuka tab peramban lebih daripada tiga. Dengan memperbanyak halaman tab di peramban itu sangat berdampak signifikan pada performa CPU Usage dan Memory komputer atau laptop anda. CPU Usage tidak boleh mencapai 90% bila ingin komputer anda tidak hang. Untuk mengecek CPU Usage bisa anda lihat di Task Manager, caranya dengan menekan Ctrl + Alt + Del.
CPU Usage
CPU Usage

Hang juga berasal dari program yang kita buka atau berjalan terlalu banyak, misalnya dalam komputer yang sedang dipakai, anda membuka beberapa aplikasi sebagai berikut: Google Chrome, Mozilla Firefox, AIMP/Winamp, Explorer dan Game. Alangkah baiknya bila anda mematikan salah satu program yang saya sebutkan di atas seperti Firefox dan Game.

Berdasarkan ujicoba saya yang memang terlihat berhasil dan lumayan memuaskan. Untuk meminimalkan CPU Usage (Penggunaan CPU) maka kita dituntut untuk menon-aktifkan beberapa service di system. Tapi ingat ! Jangan salah mematikan service yang belum tentu anda ketahui fungsinya apa. Bila anda kebingungan dalam menentukan service mana yang layak untuk dimatikan? Berikut ini adalah 3 service yang bisa menjadi referensi untuk di non aktifkan dari komputer anda. 

1. Program Compatibility Assistant Service
2. WinHttpAutoProxySvc
3. SSDP Discovery

Untuk penjelasan service apa saja yang saya maksud itu, silakan cari dengan cara buka Run atau menekan tombol Bendera + R, lalu ketikan services.msc dan tekan Enter. Penampakannya seperti pada gambar 1 di bawah.
Gambar 1
Gambar 1
Setelah masuk ke halaman Service, silakan cari service yang menurut anda layak untuk dimatikan. Setiap layanan memiliki deskripsinya masing-masing, silakan baca terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk dinon-aktifkan.

Untuk cara mematikannya bisa anda lihat seperti pada gambar 2 di bawah.
Gambar 2
Gambar 2
Penjelasan gambar 2, Pilih Service - klik kanan dan pilih Properties. Akan muncul dialog munculan, silakan pilih Disabled dan STOP seperti pada gambar di atas.

Itulah sedikitnya trik agar tidak mudah hang dalam menggunakan komputer ketika bermain internet. Silakan anda praktekan dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Tambahan Untuk Mengatasi Hang Ketika Bermain Internet