26 Januari 2015

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

TrikJoker.Net - Mungkin anda pernah mengalami komputer atau laptop anda lambat atau istilahnya lemot dalam melakukan running aplikasi, multitasking dan lainnya yang sehingga anda seringkali mengalami kerugian terutama rufi waktu. Karena waktu adalah uang. Banyak pekerjaan anda yang tak kunjung selesai. Disini saya rangkum beberapa hal penyebab komputer atau laptop anda menjadi lemot.

Memang ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer atau laptop anda menjadi lemot/lambat yakni dari faktor dari segi software dan dari segi hardware. Jika faktor karena hardware mungkin tak masalah (bagi yang berdompet tebal) beli lagi alias lem biru (lempar beli baru). Bila dompetnya masih tipis, harus cari modal dulu yah... Jika penyebabnya karena faktor software, anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan teknik sederhana, anda bisa melakukan sesuatu agar menjadikan komputer atau laptop anda lebih cepat seperti baru. Berikut hal-hal dan cara mengatasi komputer lemot:

  1. File temporary atau sampah yang terlalu besar
    Ketika anda berselancar atau browsing maupun streaming internet melalui komputer anda, maka komputer ada akan menyimpan beberapa data yang pernah dikunjungi ke dalam folder temp (Folder ini berfungsi jika anda mengunjungi web itu kembali jadi lebih cepat loadingnya karena memanfaatkan folder ini). Ketika folder ini semakin membesar, bisa-bisa anda akan merasakan komputernya lemot. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa memanfaatkan aplikasi windows yakni ccleaner http://www.piriform.com/ccleaner/download/standard Cara menggunakannya, instal seperti biasa lalu buka aplikasi ccleaner. Kemudian klik analyze, tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah itu, untuk membersihkan file temp atau sampah, klik tombol run cleaner.
  2. Terlalu banyak aplikasi yang terpasang atau terinstal
    Nah, ini biasanya yang dilakukan user yang awam yaitu senang mengoleksi banyak aplikasi yang bahkan benar-banar tak dibutuhkannya. Entah mungkin sekadar gengsi ata lainnya. Akibatnya, komputer akan banyak menjalankan program aplikasi saat pertama kali dihidupkan yang jelas-jelas akan sangat membebani komputer. Cara mengatasi cukup mudah bagi orang awam sekalipun. Anda tinggal uninstal atau hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan atau tidak penting melalui Control Panel atau menonaktifkan aplikasi itu agar tidak berjalan pada saat startup, caranya buka aplikasi Ccleaner -> pilih tab tool -> startup -> disable aplikasi yang tidak terlalu penting
  3. Spesifikasi komputer yang rendah daripada spesifikasi yang dibutuhkan suatu aplikasi
    Sebelum menginstal suatu aplikasi, alangkah baiknya anda perlu membaca spesifikasi komputer yang disarankan (recomended) untuk menjalan aplikasi yang akan dijalankan seperti minimal Processor berapa, RAM berapa, dan lainnya. Jika anda memaksakan aplikasi tersebut, anda pasti akan merasakan komputer berkurang kecepatannya dan akhirnya lemot.
  4. Spesifikasi komputer yang tua/jadul
    Suatu barang yang digunakan terus-menerus pasti fungsi kegunaannya akan berkurang alias umurnya berkurang. Dalam hal ini, berlaku juga untuk komputer atau laptop kita. Cara mengatasi hal ini, kita perlu upgrade komponen komputer kita dengan komponen baru.
  5. Kerusakan komponen komputer
    Sebenarnya ini masih berkaitan dengan poin nomor 4. Jika ada komponen rusak sebaiknya diganti dengan yang baru. Dan rasakan perbedaannya.
  6. Karena program atau aplikasi jahat alias virus
    Mungkin anda banyak yang mengalaminya. Biasakan update database antivirus secara rutin untuk mencegah virus nakal yang akan memperlambat kinerja komputer anda.


Nah, itulah beberapa tips mengatasi komputer atau laptop agar tidak lambat alias lemot. Silahkan gunakan sewajarnya. Jangan instal sembarang software, update antivirus secara berkala, kalau perlu upgrade komponen hardware dengan yang lebih baik. Dengan begitu, komputer atau laptop anda berjalan malus dan maksimal untuk menunjang pekerjaan anda. Terima kasih...



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot