11 Januari 2015

Mengerti Tentang Peer to Peer

Mengerti Tentang Peer to Peer | Peer-to-Peer atau P2P adalah teknologi dari ujung ke ujung pertama kali yang diluncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi “berbagi berkas” (file sharing) seperti Napster dan KaZaA. Pada konteks ini teknologi P2P memungkinkan para pengguna untuk berbagi, mencari dan mengunduh berkas. Sistem P2P yang sebenarnya adalah suatu sistem yang tidak hanya menghubungkan ujung satu dengan yang lainnya, namun ujung-ujung ini saling berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalu lintas komunikasi informasi, pemrosesan dan penugasan pembagian bandwidth yang intensif, dimana bila sistem ini tidak ada, tugas-tugas ini biasanya diemban oleh server pusat.

Baca juga: Apa Itu Paycoin dan Cara Mendapatkannya Dengan Gratis

Mengerti Tentang Peer to Peer
Mengerti Tentang Peer to Peer

P2P juga dikenal sebagai jaringan desentralisasi yang mana memiliki keuntungan lebih dibandingkan dengan jaringan klien server tradisional. Jaringan P2P menyeimbangkan diri secara terus menerus tanpa menambah waktu pencarian alamat panggilan dan tanpa harus menggunakan suatu sumber-sumber terpusat. P2P memanfaatkan mesin-mesin perangkat yang digunakan oleh pengguna akhir (end users) karena sumber-sumber ini selalu berjalan ke arah proporsi tujuan jaringan. Setiap penambahan ujung baru pada jaringan akan menambah potensi yang lebih dalam pemrosesan yang lebih kuat dan bandwith yang lebih besar untuk jaringan tersebut. Ditambah lagi, karena sumber-sumbernya terdesentralisasi, generasi kedua (2G) dari jaringan P2P telah berhasil secara virtual mengeliminasi seluruh biaya yang berhubungan dengan infrastruktur terpusat yang besar.

P2P sudah diaplikasikan di banyak negara, perusahaan, aplikasi dan yang paling baru adalah perbank-an. Salah satu contoh perbank-an yang menggunakan P2P adalah Perfect Money, Money Transfer, Bitcoin dan masih banyak lagi.

Mengerti Tentang Peer to Peer
Referensi: id.wikipedia.org/wiki/P2P
Sumber gambar: iiumcybersafe.blogspot.com/2014/03/why-some-organization-restricts-p2p.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengerti Tentang Peer to Peer