14 Januari 2015

Tips Menjaga Sistem Informasi Keamanan Komputer

Tips Menjaga Sistem Informasi Keamanan Komputer | Tulisan ini hampir mirip dengan artikel saya yang berjudul 8 Cara Menghindari Penipuan Phishing. Intinya adalah sebagai pengguna kita juga harus bisa menjadi seorang pengendali dan tentunya bisa mengatasi segala ancaman yang akan terjadi dalam melakukan sesuatu hal.

Baca juga: Tips Cara Download Film di Semua Situs

Tips Menjaga Sistem Informasi Keamanan Komputer
Tips Menjaga Sistem Informasi Keamanan Komputer

Saya mendengar banyak tentang kasus hacking, software, malwares, virus, dll, Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keamanan komputer PC / laptop terhadap gangguan hacker, malware dan virus yang berbeda yang memanfaatkan PC atau Laptop yang terhubung ke internet.

1. Gunakan Firewall. Firewall adalah sistem perangkat lunak yang akan menangani koneksi internet keluar dan masuk dari komputer anda. Anda dapat membuat pengaturan yang jelas ke dalam Windows secara default, namun hal ini bisa saja menjadi tidak berarti terutama terkait efisiensi. Saya akan merekomendasikan satu alat tempur seperti Comodo Firewall yang bebas dan mudah digunakan. Menggunakan firewall adalah salah satu Computer Security yang bisa anda lakukan.

2. Gunakan Antivirus, Ada alasan yang jelas untuk menggunakan program Antivirus, tetapi ada orang yang tidak memiliki antivirus atau mereka yang memiliki namun tidak meng-upgrade antivirus tersebut, maka keamanan komputer yang digunakan sedang terancam. Padahal ada antivirus gratis yang cukup kuat tersedia untuk digunakan. 

3. Update Software System. Kerentanan baru ditemukan dalam sistem perangkat lunak atau sistem operasi seperti Windows setiap hari. Jadi salah satu yang harus selalu diperbaharui adalah sistem perangkat lunak (Software System). Menjaga software yang diinstal dengan cara memperbaharuinya adalah hal penting, karena akan mempersulit hacker untuk membobol sistem anda.

4. Gunakan Password Rumit. Pengguna seperti anda dan saya menggunakan password yang terlalu lemah yang sangat sederhana untuk dideteksi hacker, ada begitu banyak software yang akan mencoba semua kombinasi yang memungkinkan untuk menjebol password, ini dikenal sebagai teknik bruteforce. Jika kata rahasia (password) terdiri dari hanya 4 atau 5 karakter, maka akan dengan mudah menemukannya.

5. Gunakan Password Berbeda. Kebanyakan kesalahan umum yang orang buat adalah bahwa mereka menggunakan password yang sama di mana-mana melalui internet. Ya, sangat sulit untuk mengingat password untuk semua account tapi itu sangat disarankan untuk memiliki password yang berbeda untuk account yang berbeda.

6. Selalu Hati-hati. Selalu berhati-hatilah saat browsing internet dan jangan mentransfer dan menginstal segala sesuatu dan apapun yang mencurigakan pada PC atau Laptop. Selalu periksa sumber sistem software dan website yang baru saja anda gunakan untuk men-download program. Jangan konyol dan hacker amatir tidak akan mampu melakukan apa saja untuk anda (sementara hacker yang serius dan terampil tidak akan memiliki minat untuk meng-hack anda).

Tips Menjaga Sistem Informasi Keamanan Komputer

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menjaga Sistem Informasi Keamanan Komputer