08 November 2013

Cara Menonaktifkan Flash di Chrome / Menghemat Kuota

Jocker ID - Pada segmen kemarin, yang mana saya bahas tentang Penyebab Koneksi Internet Lambat. Ada sebuah komentar yang membuat saya ternarik, di mana dia menyebutkan bahwa cepat habisya kuota internet bisa disebabkan oleh iklan yang menggunakan flash seperti banyak yang terpasang di iklan Google Adsense. Dia menjelaskan lebih detail lagi bahwa dalam mengantisipasi masalah ini dia menggunakan flashblock agar iklan flash tidak muncul. Sebenarnya saya pun telah membahas kegunaan dan bagaimana cara penggunaannya tentang Flashblock ini, silakan baca kembali.

Sebetulnya ada cara lain yang lebih simpel daripada menggunakan sebuah plugin tersebut (flashblock). Cara lain yang lebih simpel itu adalah mematikan atau menonaktifkan plugin flash di browser yang anda gunakan. Untuk pembahasan tentang menonaktifkan flash di Firefox telah saya bahas sebelumnya, silakan baca di sini. Untuk pada halaman ini saya akan membahas Cara Menonaktifkan Flash di Chrome sebagai Cara Menghemat Kuota. Berikut tutorialnya (selalu perhatikan gambar dan tanda pada gambar seperti tanda panah maupun lingkaran yang berwarna merah).
Plugin Chrome
Image: Jepret 1
Dimulai dengan mengklik ikon setting seperti pada gambar di atas dan klik setting pada dropdown menu tersebut. Anda akan masuk ke dalam halaman settingan browser Google Chrome, di sana anda bisa merusak maupun membuat hebat Chrome anda tergantung bagaimana anda menyetelnya. Tampilannya seperti gambar ke dua di bawah.
Plugin Chrome 2
Image: Jepret 2
Lalu skroll ke bawah dan klik Show Advanced Setting / Pengaturan Lanjutan seperti gambar ke dua untuk menampilkan pengaturan lainnya.
Plugin Chrome 3
Image: Jepret 3
Lalu akan muncul tab yang berjudul Privacy (silakan cari), tepat di bawahnya klik Content Setting dan muncullah pop-up seperti gambar yang ke 4 di bawah.
Plugin Chrome 4
Image: Jepret 4
Cari lagi nama dengan kata Plug-ins, seperti gambar 4 di sana terdapat beberapa pilihan yang bisa anda gunakan dan klik done, dimulai dari :
- Run automatically (recommended) - Click to play - Block all
penjelasannya, bila anda memilih Run automatically maka semua plugin dan flash yang anda buka di setiap situs akan terbuka secara otomatis, ini yang menyebabkan kuota internet cepat habis. Bila anda memilih Click to play, ini adalah pilihan yang saya suka di mana layaknya plugin flashblock yang akan menonaktifkan semua flash termasuk video, namun masih bisa kita aktifkan tanpa melakukan setelan seperti di atas, tapi kita hanya perlu mengklik flash atau plugin yang kita inginkan di situs yang sedang kita buka. Dengan kata lain, cara ini bisa mengontrol plugin dengan berdasarkan sesuai selera. Contoh iklan adsense yang terblok seperti gambar di bawah.
GA Blocked
Image: Jepret 5

Untuk pilihan Block All, sudah tentu anda sudah paham dengan pilihan yang satu ini. Memilih pengaturan ini, maka semua flash  yang ada di browser anda akan mati termasuk dengan plug-ins yang lainnya akan ikut mati atau terblock.

Setelah semua settingan berjalan sesuai tutorial yang saya jelaskan di atas, restart browser dan buktikan perbedaannya. Tutorial tentang Menonaktifkan Flash di Chrome ini bisa berguna untuk menghemat kuota dan mempercepat loading internet. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menonaktifkan Flash di Chrome / Menghemat Kuota