16 September 2013

Komentar Broken Link

Jocker ID - Bila saya memeriksakan blog saya di webmaster tools Google, tak jarang saya mendapati konflik yang berupa kesalahan penelususran. Walau webmaster tersebut menjelaskan bahwa bila kesalahan penelususran yang berkode "404" ini tak mempengaruhi kinerrja blog, tapi saya merasa dan selalu hal ini mesti dibersihkan atau diselesaikan. 404 adalah kode kesalahan yang menadakan bahwa suatu link atau alamat URL not found atau tidak ada. Beberapa faktor penyebabkan hal ini bisa terjadi karena bila itu sebuah artikel, artikel itu telah anda hapus namun URL-nya belum anda hapus di webmaster. Anda bisa mencari tutorialnya di Google cara menghapus URL di webmaster. Faktor lain adalah link yang ada atau tertanam di blog anda, seperti Link Exchange dan sebagainya, alamat link tersebut mungkin saja telah berganti domain, atau mungkin blog partner anda telah terhapus Google.
Broken link check
Image: Brokenlinkcheck.com

Bagaimana dengan "Komentar Broken Link"? Sebenarnya bukan komentarnya yang rusak atau broken, tapi komentatornya yang sudah usang. Masalah ini memang masih berkaitan dengan ulasan awal tadi, yakni URL page not found alias 404. Dalam sebuah komentar blog ada yang namanya Google Profil, Open ID, dan Name/URL. Dari setiap jenis komentator di atas selalu ada yang menjadi Broken Link, misalnya Google Profil yang ternyata akunnya telah dihapus oleh si penggunanya yang mengakibatkan profil tak bisa ditemukan di browser maupun Google sendiri. Broken Link dari komentator URL seperti OpenID dan Name/URL, biasanya blog yang sudah berganti domain TLD (Top Level Domain: .com .org .info) tak jarang mengalami Bad Host yang mengakibatkan broken link, dan beberapa masalah telah terjadi bilamana sebuah OpenID blog yang sejatinya blognya telah terhapus hingga menjadi broken link.

Bila masalah yang saya jelaskan menimpa anda, jangan resah dan tetap semangat walau memang anda harus bekerja keras. Anda bisa mengecek keadaan situs anda di

http://brokenlinkcheck.com.

Bila hal yang membosankan itu nampak di pengecekan situs anda, berkerja keraslah dan anda harus mengecek satu per satu permasalahan yang timbul.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komentar Broken Link