21 Desember 2013

Antara Visitor Friendly, SEO Friendly, dan HTML5

Jocker ID - Akhir-akhir ini memang saya sering memodifikasi template hingga menjadi seperti yang saya inginkan walau dengan waktu yang terbatas. Tak ayal, yang namanya bicara tentang template pasti ujung-ujungnya dengan SEO dan HTML5.
HTML5
Image: W3.org

Jika harus memilih, Antara Visitor Friendly, SEO Friendly, dan HTML5 anda pilih yang mana? Bila saya boleh menerka mungkin semuanya akan memilih ketiganya. Begitupun dengan saya pribadi. 

HTML5. Tapi dalam kehidupan, yang namanya buatan manusia tak ada yang sempurna. Kang Ismet pun pernah menyebutkan bahwa, walaupun blog sudah valid html5 dan css3 bukan berarti blog itu sudah sempurna. Karena telah diketahui bahwa setelah kita 'passed' sukses memvalidasi HTML5 pasti akan menyisakan 1 warning, yang artinya (masih penjabaran dari Kang Ismet) bahwa HTML5 adalah sebuah teknologi yang masih bisa dikembangkan, bisa saja suatu saat nanti ada teknologi yang lebih baru.

Lalu bagaimana dengan SEO. Saya pernah share tentang 17 Tipe Link Spam dalam Blogging. Bila anda membacanya pasti anda akan mengalami hal yang kontroversi dengan apa yang sedang anda tekuni dalam hal teknik SEO. Ingat, waktu terus berputar dan Google selalu memperbaharui sistemnya, bisa saja teknik SEO yang sering dilakukan dulu sudah menjadi usang untuk masa kini. Seperti yang pernah dituliskan di blognya Kang Adhy (kompi ajaib), Google sudah tidak membutuhkan lagi yang namanya deskripsi maupun meta keyword dan deskripsi. Dugaan tersebut dimantapkan dengan munculnya fitur baru di Webmaster tepatnya untuk kesalahan perayapan yang dikhususkan untuk Smartphone. 

Mengenai Visitor Friendly? Sebaiknya anda semua mengutamakan visitor dibandingkan kedua bahasan di atas. HTML5 dan SEO hanyalah sebatas syarat kita untuk bersaing di SERP (search engine page result). Tamu adalah raja dan raja adalah orang yang menilai blog anda.

Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi buat anda. Ini hanyalah opini dari pribadi saya, setiap opini pasti berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Antara Visitor Friendly, SEO Friendly, dan HTML5