04 Oktober 2013

Cara Menghapus Broken Link di Blogger Lebih Cepat

Jocker ID - Sepertinya saudara kita masih banyak yang belum paham tentang menanggapi broken link ini. Kemarin saya membagikan tips mengenai cara memperbaiki broken link pada author blog. Broken link akibat author dan komentar sangatlah berbeda sekali, bila broken link yang diakibatkan komentar memang lebih mudah tetapi membosankan karena harus menghapus setiap komentar broken link yang ada di blogger. Berbeda dengan broken link yang diakibatkan oleh author dengan akun google-nya yang telah mati, anda harus mengikuti cara yang saya bagikan kemarin, Bagaimana Cara Mengatasi Author yang Menjadi Broken Link. Untuk melengkapi beberapa pertanyaan yang dilayangkan untuk mengatasi broken link pada komentar, maka saya lampirkan tutorial ini, selamat menikmati.

1. Cek Broken Link di Brokenlinkcheck.com
Silakan anda mengunjung situs tool di atas untuk mengecek seberapa banyak broken link yang ada pada blog anda. Lihat gambar di bawah untuk memulai peengecekan.
Brokenlinkcheck.com
Image: Capture 1
Masukan kode verifikasi anti robot sebelum memulai submit pemeriksaan.
Brokenlinkcheck.com
Image: Capture 2
Setelah pengecekan selesai, maka tool tersebut akan memunculkan hasil, berapa banyak broken link yang ada pada blog kita beserta dengan sumber borken linknya. Seperti gambar pada nomor 2.
2. Lacak Broken Link sebelum penghapusan
Dalam melacak atau untuk mengetahui di mana broken link berada, terdapa dua cara yang bisa kita lakukan, yang pertama menggunakan Source/src dan yang kedua menggunakan url. Seperti gambar di bawah ini, dan selalu perhatikan garis merah yang saya tampilkan.
Broken link
Image: Capture 3
Pada garis merah yang berada di bawah pada gambar Capture 3, itu adalah preview link yang sebelum diklik. Tanpa diklikpun kita sudah tahu bahwa link akan mengarah kemana. Klik src pada hasil brokenlinkcheck untuk mengetahui nama komentator yang broken link. Gambar di bawah adalah hasil dari src yang menunjukan broken link pada halaman tertentu.
SRC Broken
Image: Capture 4
Pada gambar Capture 4 telah saya garis bawahi bahwa broken link terdapat pada komentar Open ID, anda bisa mencarinya dengan CTRL F sesuai alamat url yang broken link pada hasil pemeriksaan sebelumnya. Atau anda bisa menggunakan cara kedua dengan mengklik url pada hasil brokenlinkcheck. Menggunakan cara yang kedua ini memang sedikit lebih simpel dan anda akan mudah menemukannya walau cukup lama, jadi saya sarankan untuk memulai menggunakan cara yang pertama dahulu. Gambar di bawah adalah contoh menemukan broken link dengan bantuan preview link.
Preview Link
Image: Capture 5
Perhatikan garis merah pada gambar Capture 5 yang ada di bawah, itu adalah preview link yang akan tampil ketika kursor anda disentuhkan kepada sebuah link. Cocokkan preview link tersebut hingga sesuai dengan broken link atau url yang diplot oleh brokenlnikcheck.com sebagai masalah. Memang cara ini lebih lama, tapi cara ini lebih mudah untuk dipahami.

3. Menemukan Komentar yang akan dihapus.
Bila anda sudah melacak dan menentukan nama komentar yang menjadi broken link, saatnya untuk menghapus semua komentar tersebut di tanah blog anda, Perhatikan gambar Capture 6, atur komentar menjadi 100 pada setiap tab pada editor komentar,
Komentar Blog Editor
Image: Capture 6
Langkah selanjutnya adalah mencari nama komentar yang telah menjadi target penghapusan dengan menggunakan CTRL F. Carlahi satu per satu tab apakah ada nama yang dicari? Bila tak ditemukan nama yang dicari klik tombol panah yang ke kanan atau angka sebelahnya untuk berpindah tab seperti pada gambar di bawah.
Komentar Editor 2
Image: Capture 7
4. Penghapusan Broken Link secara langsung
Bila nama yang dicari sudah ditemukan, tandai semua nama yang sama dengan mengkilik cekbox yang ada di sebelah kiri setiap komentar, lalu tekan hapus apabila komentar yang akan dihapus telah ditandai semuanya. Lakukan cara penghapusan ini dalam setiap tab/satu per satu tab, jadi jangan dilakukan penandaan keseluruhan pada semua tab komentar editor lalu anda menghapusnya, itu sebuah kesalahan. Perhatikan gambar di bawah yang diberi tanda lingkaran merah.
Komentar BLogger
Image: Capture 8
Lakukan cara di atas dengan hati-hati. Langkah-langkah di atas memang cukup sulit saya jelaskan. Saya mencoba untuk menerangkan kepada anda dengan bahasa yang seemudah mungkin, bila ada kata yang kurang dimengerti silakan isikan pada komentar atau kontak saya. 

Cukup lelah juga menulis tutorial yang satu ini, semoga dengan tutorial ini masalah broken link pada komentar dapat teratasi dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghapus Broken Link di Blogger Lebih Cepat