14 Oktober 2013

Cara Menghemat Kuota Modem Saat Online Facebook

Jocker ID - Facebook adalah wahana berbagi yang di mana orang takkan melewatkannya walau itu satu hari. Mungkin facebook adalah satu dari sekian banyak sosial media yang menurut saya paling komplit. Fitur-fiturnya yang begitu banyak membuat para penggunanya betah. Namun begitu, bila kita berbicara dengan fitur atau suatu layanan maka takkan pernah terlepas dengan yang namanya resiko, resiko yang jelas yang menjadi beban bagi para member facebook adalah biaya yang digunakan dalam menggunakan internet yang dibutuhkan untuk mengakses akunnya. Jadi tak ayal bila ada sekelompok orang yang mengatas namakan mereka dengan menyebut dirinya "Phreaking" alias "Gretonger" alias "Pemburu Gratisan". Saya pernah tertarik dengan konsep yang mereka tawarkan, tapi tak lama saya lebih memilih menjadi member setia telkomsel agar koneksi dan kontinyuitas blogging saya selalu tercapai.

Kembali lagi dengan apa yang ingin saya bahas, Cara Menghemat Kuota Modem Saat Online Facebook adalah trik yang mudah dilakukan alias gampang. Anda bisa menggunakan Flashblock atau menggunakan Cara Mengoptimalkan Add-ons yang pernah saya jelaskan sebelumnya tentang menghemat kuota atau loading internet, tapi mungkin ini kurang efektif bila dipraktekkan di Facebook. Cara yang lebih efektif untuk menghemat kuota internet saat online facebook adalah dengan cara merubah tampilan facebook di browser laptop menjadi mobile version. Dengan cara ini layaknya anda online facebook dengan handphone dengan layar yang lebih besar, sehingga navigasi dan loadingnya lebih cepat dari sebelumnya. 

Ada beberapa poin penting mengapa facebook bisa menguras kantong kuota anda? 
1. Update Status - Facebook selalu mengupdate status dari setiap teman yang anda tambahkan dan menampilkannya di beranda. Penyitaan kuota diperparah dengan hadirnya iklan di kolom-kolom beranda facebook.
2. Chat - Ini tak bisa diragukan lagi, aplikasi chat adalah hal yang paling berdampak bila anda berlama-lama mengobrol melalui yang satu ini. Tapi apa daya, fitur yang satu ini yang membuat kita merasa nyaman dan menyenangkan.
3. Game - Saya harap anda tak keseringan bermain game di laptop sendiri. Yang pertama supaya browsing anda lancar, yang kedua agar kuota anda lebih hemat. Tapi jangan perdulikan itu bila anda sendang bermain di internet.
4. Gambar - Yang satu ini pula tak bisa dihindarkan, saya yakin bahwa permisa facebook sangat senang bila melihat-lihat foto orang apalagi cantik dan ganteng. Saya sarankan jangan terlalu keseringan, terutama untuk menghemat kuota karena gambar yang ditampilkan berukuran besar, hal lainnya bisa merusak jati diri anda (lho ko saya jelek?...)
5. On Time - Semua fitur di atas menggunakan metode on time, yang mana selalu terupdate dalam waktuan sekon/detik hal ini berdamapak pada kekeringan kuota internet. Ditambah dengan notifikasi dari beberapa hal yang telah anda lakukan dalam facebook, walau kecil bila terlalu banyak maka ini juga akan memperburuk keadaan.
Dan masih banyak lagi fitur yang ada di facebook yang tak bisa saya jelaskan semuanya. Semuanya memiliki konsekuensi yang berbeda-beda tergantung kita menggunakan facebook itu sendiri.

Tapi jangan khawatir bila anda menggunakan mobile version, anda takkan terlalu berkeringat dengan masalah kuota, hanya saja fitur yang ditampilkan tak sehebat fitur dalam desktop version. Beberapa fitur akan hilang dan disembunyikan. Berikut screenshotnya.
FB Mobile
Image: Capture FB Mobile
Dari gambar di atas terlihat jelas bahwa tampilannya lebih simpel namun tetap elegan. Bila anda ingin mencobanya langsung saja ketikan alamat:
https://m.facebook.com/?_rdr
di browser anda. Masih kebingungan dalam mengoperasikannya? Silakan komentar di sini, banyak teman blogger yang akan membantu anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghemat Kuota Modem Saat Online Facebook