04 November 2013

Dampak Plugin Tak Update Pada Browser

Jocker ID - Setelah menyinggung pembahasan tentang Cara Cek Plugin Yang Kadaluarsa di Mozilla, kini saya sempatkan kembali untuk bercerita tentang Dampak Plugin Tak Update Pada Browser (lagi-lagi untuk Mozilla Firefox). Namun bila dilihat dari segi fungsi dan bahayanya, hal seperti plugin kadaluarsa ini berefek jelek pada setiap browser yang digunakan, bukan saja untuk Mozilla Firefox akan tetapi Google Chrome dan lainnyapun harus mencermati hal seperti ini.

Apa dampak plugin yang kadaluarsa? Sebetulnya bahasan tentang dampak plugin yang tak ter-update (khususnya Java) telah saya uraiakan di halaman "Jangan Remehkan Java!", silakan baca kembali. Kali ini kita akan mencoba memahami dampak ini dalam segi teknis yang pernah dibeberkan oleh Mozilla Firefox sendiri. Dan lagi-lagi saya ambil contoh untuk masalah plugin ini adalah Java, tepatnya Java Deployment Toolkit. Perhatikan gambar berikut ini.
Plugin Add on
Image: Jepretan
Pada gambar di atas tedapat satu peringatan pada plugin yang sengaja saya lingkari. Peringatan tersebut menyatakan bahwa plugin tersebut telah diblok atau ditutup oleh Mozilla Firefox. Berikut penjelasan tentang kenapa Firefox melakukan ini.

Mengapa plugin tersebut diblokir?
     Plugin Java Deployment Toolkit dikenal aman dan tidak diperlukan dalam kebanyakan kasus. Pengguna harus tetap men-nonaktifkannya kecuali benar-benar diperlukan.
Siapa yang terpengaruh?
     Semua pengguna Firefox yang telah menginstall plugin ini.
Apa artinya ini?     permasalahan add-on atau plugin yang secara otomatis dinonaktifkan dan tidak lagi digunakan.
Bila melihat deskripsi dari 3 kalimat berhurup tebal di atas maka dipastikan bahwa Java Deployment Toolkit sengaja dinonaktifkan selagi tak gunakan, guna menjaga keamanan pada browser.
Java Deployment Toolkit biasanya digunakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap sistem komputer melalui jaringan internet pada browser, sehingga tak heran bila plugin ini sengaja dinonaktifkan untuk masalah keamanan.
Lalu bagaimana jika anda mendapai peringatan yang seperti ini,
Java Plugin Security Vulnerability Warning Message in Firefox when working with "Photo Gallery" Page Types and Product Images / Files
Penjelasan untuk hal semacam ini adalah bahwa telah ada kerentanan keamanan baru-baru ini ditemukan dari komponen Java software yang dapat memungkinkan akses tidak sah ke komputer. Akibatnya, sangat penting bagi Anda untuk memperbarui Java pada komputer Anda dengan versi terbaru dari Oracle. Silakan klik link http://www.java.com/en/download/faq/remove_olderversions.xml untuk menghapus versi lama Java dan menggantinya dengan versi Java yang baru. 

Jadi kesimpulannya adalah bila plugin tidak diperbarui akan berdampak pada keamanan sebuah browser, penggunaan browser yang kurang optimal (termasuk load photos, video, site, etc), dan hal lainnya seperti koneksi internet yang melambat, sehingga langkah yang tepat untuk dilakukan adalah meng-update plugin browser secara kontinyu sebagai langkah perawatan dari browser. Semoga dengan tulisan ini bisa membantu anda yang sedang kebingungan tentang masalah plugin di browser Mozilla.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Dampak Plugin Tak Update Pada Browser